DPMPTSP Depok Diharapkan Percepat Perizinan

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok merupakan motor penggerak perkembangan investasi di Kota Depok. Karena itu, dinas yang dipimpin Yulistiani Mochtar ini, diharapkan mampu membangun iklim investasi yang positif, termasuk lewat kecepatan proses perizinan berbasis daring (online).

Asisten Ekonomi dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Herman Hidayat mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok terkait Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kota Depok tahun 2016, sebesar 7,28 persen. Sementara di tahun sebelumnya, sebesar 6,63 persen.

“Peningkatan investasi ini, tentu saya yakin berkat kontribusi dari DPMPTSP juga,” katanya, di Hotel Bumi Wiyata, Rabu (28/02/2018).

Herman menambahkan, dalam konteks pembangunan ekonomi daerah, sebagai lembaga pelaksana Urusan Wajib Penanaman Modal (UWPM), dalam melaksanakan tugasnya harus terintegrasi dengan pelayanan dan perizinan. Selain itu, dalam memgembangkan pelayanan juga sudah harus berbasis online.

Dikatakannya, pada tahun 2017, DPMPTSP baru bisa melayani dua perizinan secara online, yaitu Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Tahun ini, bertambah sembilan macam perizinan online yaitu izin reklame, Tanda Daftar Gudang (TDG), Izin Usaha Industri (IUI), Izin Usaha Pusat Perbelanjaan (IUPP), Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK), Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA), Izin Klinik, Izin Usaha Toko Modern (IUTM), dan Izin Usaha Pariwisata (IUP).

“Semoga di tahun mendatang, DPMPTSP senantiasa mengembangkan diri dengan menambah perizinan online yang baru,” katanya.

Dikatakannya, melalui Forum Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah (PD) yang digelar hari ini, menjadi media dan kesempatan bagi DPMPTSP menyempurnakan sasaran prioritas yang sudah dibahas oleh seluruh pemangku kepentingan. Selain itu, imbuhnya, hasil diskusi ini akan menjadi bahan penyusunan RKPD dalam merumuskan anggaran Kota Depok di tahun 2019.

“Atas terselenggaranya Renja ini, kami sampaikan apresiasi kepada semua pihak. Semoga program yang dicanangkan dapat meningkatkan pelayanan, khususnya mewujudkan pelayanan perizinan yang mudah dan cepat,” tutupnya.

Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih dan Rita Nurlita