SIUP dan TDP Online

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,Pemerintah Kota(Pemkot) Depok melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) meluncurkan program pendaftaran pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan(SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) secara online, dan sistem pendaftaran secara online tersebut sudah dapat dinikmati oleh masyarakat sejak 18 September lalu.
Kepala Bidang Perizinan dan Non Perizinan DPMPTSP Kota Depok, Tito Ahmad Riyadi mengatakan, diluncurkannya layanan pendaftaran dengan sistem online tersebut agar dapat mempermudah masyarakat dalam hal pengurusan izin, artinya, pemohon dapat melakukan pendaftaran dimanapun tanpa harus datang langsung ke kantor pelayanan.
“Jadi, pemohon dapat melakukan pendaftaran kapan saja dan dimana saja tanpa harus antri di loket kantor pelayanan dan setelah izin tersebut selesai barulah pemohon datang ke kantor pelayanan,”ujar Tito .
Lebih lanjut Tito menuturkan, pendaftaran izin yang sudah dapat dilakukan secara online baru dua jenis, yaitu baru pendaftaran SIUP dan TDP,namun kedepannya 10 jenis izin yang lain akan dapat dilakukan secara online, 10 jenis izin tersebut antara lain, IUI (izin usaha industri), izin reklame, izin usaha jasa kontruksi, izin usaha toko modern, tanda daftar gudang, izin usaha pariwisata, izin klinik dan izin mempekerjakan tenaga asing.
“Selain pengurusan izin secara online,kedepannya DPMPTSP akan memberikan pelayanan berupa pengiriman surat izin yang sudah jadi melalui sistem online, akan dikirim langsung ke alamat pemohon via pos,”terangnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *